Profil Bapak Sjamsul Qomar, Kepala Tata Usaha SMA Negeri 1 Pare - SEKOLAH 1
Headlines News :
Home » , » Profil Bapak Sjamsul Qomar, Kepala Tata Usaha SMA Negeri 1 Pare

Profil Bapak Sjamsul Qomar, Kepala Tata Usaha SMA Negeri 1 Pare

Written By Edu Themes on Minggu, 10 Juni 2012 | 03.27

Bapak yang beralamat di Jl H Agus Salim No. 24 Desa Darungan Pare ini memiliki seorang istri bernama Ibu Mutma’inah yang bekerja sebagai guru di SD Negeri Darungan 1. Beliau dikaruniai dua anak yang keduanya perempuan. Anak pertama bernama Fitria Susanti, lulusan Universitas ITS Teknik Kimia dan sekarang bekerja di PT Tempo Farmasi Jakarta di bagian pengawasan. Sedangkan anak keduanya bernama Aprilia Dwi K, mahasiswa di Universitas Malang semester 7 jurusan Managemen.


Bapak yang lahir di Kediri, 8 Oktober 1957 ini, memiliki perjalanan hidup yang penuh tantangan. Hal ini dimulai dari bersekolah di Sekolah Dasar, lulus tahun 1971. Lulus SMP tahun 1974. Kemudian melanjutkan ke  SMEA dan lulus tahun 1977.
Setelah lulus SMEA inilah beliau mulai merasakan bagaimana kerasnya kehidupan di dunia. Karena tidak memiliki biaya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, akhirnya beliau memutuskan bekerja lebih dahulu. Beliau bekerja sebagai sopir taksi tepatnya ngkutan kota jurusan Kediri-Pare. Ini adalah salah satu pengalaman menarik yang pernah beliau alami. Menjadi sopir beliau jalani kurang lebih selama 2 tahun, yaitu pada tahun 1977-1979.
Bapak yang akrap disapa Bapak Qomar ini juga pernah mengikuti tes masuk tentara. Menjadi seorang tentara adalah cita-cita beliau saat masih muda. Namun, setelah 3 kali mendaftar, beliau tetap tidak bisa menjadi seorang tentara. Hal itu dikarenakan adanya kendala mengenai kesehatan yaitu varises di kaki. Namun hal ini tidak menjadikan beliau putus asa, justru beliau semakin terpacu untuk mencoba hal baru.
Beliau lalu menjadi tenaga sukwan -tenaga sukarelawan- di SMPP ( yang sekarang menjadi SMAN 2 Pare ) pada tahun 1980 selama 1 tahun. Tanggal 1 Maret 1981 merupakan waktu dimana beliau diangkat menjadi Pegawai Negeri. Kemudian pada tanggal 1 Oktober 1987, beliau diangkat menjadi Kepala Tata Usaha.
Harapan beliau sebagai Kepala Tata Usaha di antaranya yaitu untuk tenaga kependidikan dan memberikan serta mengutamakan pelayanan bagi masyarakat maupun siswa. Hal ini bisa dilihat misalnya, ketika ada alumni yang legalisir diusahakan segera terpenuhi. Kini sudah ada buku tamu bagi tamu yang datang ke SMA N 1 Pare, sehingga memudahkan pelayanan dan kontrol sedangkan pelayanan lain akan terus ditingkatkan sedikit demi sedikit. Pangkat terakhir yang dijabat oleh Bapak Qomar yaitu sebagai Penata Muda Tingkat 1 III B.
Kegiatan lain yang biasa beliau lakukan yaitu membuka kios di depan rumah. Kios ini buka mulai sore  sampai malam sekitar pukul 22.00.
Kegiatan peningkatan kemampuan dan ketrampilan yang pernah beliau ikuti:
1. Penataran Operator Komputer Tingkat Regional di BPG Surabaya tahun 1994 selama 10 hari.
2. Penataran Kepala Tata Usaha Tingkat Regional di Nusa Tenggara Barat tahun 1995 selama 10 hari.
3. Penataran Kepala Tata Usaha Tingkat Jawa Timur di Batu Malang selama 30 hari (1 bulan).
Prinsip hidup yang selalu dipegang beliau adalah jangan sampai “Besar pasak dari pada tiang“, maknanya jangan sampai lebih besar pengeluaran dari pada pendapatan. Untuk itu dalam setiap bulannya beliau selalu menabung sebagian pendapatannya untuk kelak di masa depan. Sikap gemar menabung inilah yang patut kita tiru sebagai seorang pelajar.
Bapak yang hobi sepak bola saat masih muda ini mengaku pernah mengikuti olah raga tenaga dalam. Beliau mengikuti olahraga Tenaga Dalam Satria Nusantara selama 3 tahun. Dalam hal ini beliau sudah mencapai Pengendalian 10, artinya sudah tingkat yang terakhir. Namun karena sibuk dengan pekerjaan, beliau tidak sampai lulus hingga akhir. Dari mengikuti olahraga tenaga dalam ini beliau bisa menyembuhkan penyakit yang ringan.
“Dengan tenaga dalam tersebut saya pernah dimintai bantuan untuk menyembuhkan penyakit orang lain dan Alhamdulillah saya bisa. Namun itu terutama berkat bantuan Tuhan Yang Maha Esa,” tutur Bapak Qomar.
“Belajarlah yang rajin dan sungguh-sungguh agar apa yang menjadi cita-cita kalian semua tercapai,” itulah pesan Bapak Qomar kepada siswa-siswi SMA N 1 Pare saat terakhir diwawancarai.           Oleh karenanya, marilah kita tingkatkan belajar kita agar cita-cita kita dapat tercapai sesuai dengan apa yang kita inginkan. Namun jangan lupa berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa. Manusia hanya bisa merencanakan dan Tuhanlah yang menentukannya.(Dian)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

TV EDUKASI

 
Copyright © 2012. SEKOLAH 1 - All Rights Reserved