Herman Nuddin Nugrahadi; First Blogger of The Week on BlogDetik - SEKOLAH 1
Headlines News :
Home » » Herman Nuddin Nugrahadi; First Blogger of The Week on BlogDetik

Herman Nuddin Nugrahadi; First Blogger of The Week on BlogDetik

Written By Edu Themes on Minggu, 10 Juni 2012 | 03.25

Artikel diambil langsung dari Blogedetik. URL http://blogdetik.com/2009/06/30/hermannudin-nugrahadi-sistem-belajar-mengajar-harus-berubah/
Konon, guru yang baik itu mengajar dari hati, bukan dari buku. Dan Hermanudin telah memulainya sejak setahun lalu, sejak bergabung dengan SMAN 1 Pare, Kediri. Selain mengajar sesuai kurikulum, Pak Herman memberi tambahan “pelajaran” betapa pentingnya manfaat ngeblog buat siswa-siswanya. Berkat Pak Herman seluruh siswa yang berjumlah 840 siswa saat ini mempunyai blog.
Menurutnya, tujuan mengenalkan blog sejak di sekolah adalah agar siswa-siswa bisa belajar berkreasi lewati tulisan sejak dini. Sehigga mereka akan terbiasa menulis apa saja. Karena Pak Herman menyadari, apapun profesinya, kompetensi menulis itu tetap di butuhkan.
herman-pare-okSelain itu, dengan adanya kegiatan pelajaran tambahan, diharapkan para siswa bisa mengisi hari-harinya dengan kegiatan yang positif. Sehingga belajar ngeblog bisa meminimalisir pengaruh kegiatan di luar sekolah yang negatif.
Baru saja, guru IT yang ditunjuk direktorat pusat untuk membuat bahan ajar berbasis ICT ( Information Comunication Technology) ini mengadakan lomba blog untuk sekolahnya. Sambutan anak didiknya antusias. Karena Pak Herman mengajak guru-guru lain untuk memaksimalkan blog untuk pembelajaran. Misalnya dia bekerja sama dengan guru bahasa indonesia untuk membuat tugas penulisan yang di upload di blog.
Awalnya, pelajaran tambahan ngeblog itu ia perkenalkan sejak 2007. Pertama ia menunjukkan blognya ke para siswa. Siswa-siswa pun tertarik dan bertanya-tanya bagaiaman caranya membuat blog seperti itu. Pak Herman yang “anak band” ini segera mengenalkan apa itu internet. Hari berikutnya pengenalan blog dan hal-hal yang berkaitan dengan dunia online. Khususnya manfaat yang bisa diperoleh.
“Jaman sudah berubah, berinteraksi dengan guru tak hanya bisa dilakukan di salam kelas. Tetapi bisa dengan blog yang bisa diakses di mana dan kapan saja, katanya.
Tak ada alasan khusus kenapa ia memilih profesi menjadi guru. Mmemang sejak dulu ia senang berbagi ilmu, meski ia mengaku masih sedikit. Apalagi ilmu itu bermanfaat untuk orang lain. “Tantangan guru sekarang sangat besar, apalagi guru IT. Harus terus update pengetahuan karena setiap saat harus menghadapi pertanyaan para siswa.
Ia kini pantas merasa bangga, saat ini SMA N I Pare dipilih sebagai sekolah PSB (Pusat Sumber Belajar) oleh direktorat pusat. Inilah yang membedakan dengan sma sma lainnya. Ia lalu melanjutkan, selain itu, sekolah ini juga sudah menjadi sekolah SSN (Sekolah STandart Nasional). Sehingga ia menerapkan sistem moving class yang ditetapkan oleh direktorat.
Artinya pengajaran tidak dilakukan berdasarkan kelas namun berdasar mata pelajaran. Sehingga setiap ganti mata pelajaran siswa diberi waktu 5 menit untuk berpindah menuju ke kelas sesuai dengan jadwal mata pelajaran masing-masing.jadi keunggulan moving class adalah setiap kelas bisa didesain sesuai dengan kebutuhan guru masing-masing mata pelajaran.
Laki-laki penyuka dream theater, bergabung dengan dblogger belum lama. Namun dia telah mengenalkan blog kepada para siswa tak hanya di sekolahnya saja. Rencana ke depan, ia akan mengenalkan blog juga kepada sekolah dan masyarakat di sekitar pare, Kediri jawa timur.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

TV EDUKASI

 
Copyright © 2012. SEKOLAH 1 - All Rights Reserved